Drum (Komponen)



Salah satu alat music yang lagi gue geluti sok iya lu din gue suka main drum emang udah lama, dari dulu emang sudah suka gebuk-gebuk apalagi gebukin orang bhahaha. Gue sekarang lagi belajar drum khursus drum sih lebih tepatnya biar bisa mendalami skill gue dalam bermain drum. Ditempat khursus itu banyak hal yang gue pelajari, ternyata main drum bukan hanya sekedar gebuk sana gebuk sini tapi ada ritme nya juga ada ketukannya juga jadi ga sembarangan.
Oh iya sebenernya sih gue bingung mau bahas apa, bahas sejarah drum udah banyak yang bahas, gue bahas bagian-bagian drum ajalah yaaa.. walaupun sebenrnya juga udah banyak yang bahas yaa tapi daripada ga ada yg di bahas lagi kan sayang kalo blog ini cuma jadi pajangan.

Drumset pada umumnya punya beberapa bagian yaitu Snare, Bass Drum / Kick Drum, Hi-hat, Tom-tom, Cymbal. ini yang umumnya yaa sebenernya banyak lagi tp kita bahas yg umum aja. Oh iya, yg gue bold itu adalah komponen utama dalam drum kalo ketiga benda itu udah lengkap juga udah bisa main drum Orang yang main drum biasanya disebut Mawar Drummer.

  • Snare
Snare itu unsur paling penting dalam drum, karena snare itu merupakan bagian penentu dalam menentukan  ketukan dalam bermain drum. Kenapa namanya snare soalnyapPada snare terdapat bagaian snare wire/stainer (penampakkannya seperti pir pegas) yang terdapat di bawah snare. Jika kita memukul sisi atas pada snare, maka stainer yang di rapatkan pada bawah snare akan berintraksi yang mengasilkan bunyi yang sangat nyaring.

  • Bass Drum, Kick Drum
Bass drum adalah bagian dari drum yang sangat vital dari drum, selain snare Karena bass drum mempunyai fungsi yang hampir sama dengan snare drum, yaitu sebagai penentu ketukan dalam kita bermain . Bass drum biasanya dimainkan oleh kaki kanan kita (standar) atau bisa juga dimainkan oleh kedua kaki (double pedal). Pedal drum berfungsi sebagai pemukul pada bass drum. Pedal di gerakan dengan kaki kanan dengan cara menginjak –injak pedal seiring dengan irama lagu. Pedal drum terbagai dalam 2 jenis, yaitu single pedal dan double pedal.
  • Hi-Hat
Hi-hat merupakan 2 lempengan cymbal yang di gabungkan menjadi satu bagian. Biasanya kedua bagian itu mempunyai ukuran yang sama, Fungsi dari hi-hat sangat penting sekali, sebab hi-hat mempunyai fungsi mengatur tempo/waktu dalam permainan.
  • Tom-tom
Tom-tom pada drum merupakan kelengkapan pada drumset. Tom-tom terdiri dari bermacam-macam ukuran dan bahan yang berbeda. Tom-tom terdapat 3 bentuk standar : Small tom-tom 1, Small tom-tom 2, Large tom-tom atau floor tom.
  • Cymbal
Cymbal merupakan kelengkapan yang lain pada drumset, Cymbal mempunyai fungsi yang sama dengan hi-hat, yaitu sebagai iringan atau rhythm. Cymbal yang paling umum digunakan adalah Ride Cymbal dan Crash Cymbal. 
  • Ride cymbal Biasanya terletak di sebalah kanan drummer.
  • Crash cymbal berfungsi sebagai variasi dalam permainan. Biasanya kita memukul crash cymbal pada waktu-waktu tertentu misal pada saat fill-in. Crash cymbal berukuran lebih tipis dari pada ride cymbal.


Haaha,, itu aja sih yang mau gue kasih tau tentang drum. Sebenernya gue ga jago-jago juga main drum masih newbie lah, masih asal gebuk, masih baru belajar. Tp kalo sering dilatih ntar juga terbiasa dan bisa. Yomss ga tuh hahaha. udah ahh sampe disini dulu.. byeee....

Popular posts from this blog

Cara Wantek (mewarnai) Celana Jeans

Ukuran Header Blog, Facebook, Twitter, Dll

Buat Semprotan Cabai/Merica (Chili Pepper Spray)