Cara Wantek (mewarnai) Celana Jeans

Okayy wadappp??
Hahaha ketemu lagi ehh salah kita kan ga tatap muka yaa… Soo,, nulis lagi akhirnya… Setelah sekian lama ga post artikel.
Oh iya this time gue mau bagi-bagi ilmu cielah ilmu bhahah, bukan ilmu sih lebih tepatnya tips dan pengalaman waktu gue ngewantek celana jeans gue sendiri yaiyalah masa celana jeans tetangga. Jadi wantek jeans itu susah-susah gampang. Susahnya itu di niatnya jadi udah niat dari kapan tahun tapi.. yaa gitu dan gampangnya di pengerjaannya. Hahaha…. Okay langsung aja yaa gue bagi pengalaman gue cara ngewantek jeans ga osah basa-basi ntar jadi basi beneran.

Buat bahan-bahannya sih yang lu perluin itu adalah :
  • Panci
Panci sendiri yaa jangan panci tetangga ntar kalo tetangga lu mau ngerebus singkong kan bisa berabe, pancinya kita gunain buat tempat ngerendem jeansnya. Soalnya jeansnya itu akan kita rebus biar empuk dan bisa dimakan.
  • Bubuk Wantek
Bubuk wantek yang sesuai sama warna jeans yang mau lu wantek yakali jeans lu merah terus mau  lu wantek kuning ga nyambung kali, tp boleh sih dicoba. Bhahaha. Kalo buat merek wanteknya sih gue bebasin aja terserah lu mau pake apa soalnya gue ga diendorse sih jadi males buat menyebutkan merek. Ingat bubuk wantek bukan bubuk yang lain.
  • Penjepit Gorengan atau nama gaulnya Food Tongs 
Penjepit gorengan yang boleh minjem dari abang-abang gorengan yang lewat. Gunanya sih ntar buat masukin jeans ke air wanteknya, tapi kalo lu mau pake tangan lu sendiri sih boleh, gue ga ngelarang. Sungguh.
  • Garam
Gunanya sebagai penyedap rasa biar nanti jeans nya ada asin-asinnya gitu.
Setelah bahan-bahan tepenuhi cuss kita lanjut ke peroses wanteknya:
  1. Tuangkan Air ke panci jangan terlalu banyak dan jangan terlalu dikit yaa kira-kira setengah pancinya soalnya kan mau dimasukin jeans.
  2. Terus kalo pancinya udah di isi air, taro tuh panci diatas kompor dan jangan lupa nyalain kompornya.
  3. Kalo udah dirasa airnya udah panas bukan mendidih masukin bubuk wanteknya, gue saranin sih 2 bungkus sekalian biar  lebih kereng warnanya. Dan jangan lupa di aduk-aduk.
  4. Kalo udah mendidih masukan jeansnya, ingat masukannya perlahan-lahan jangan langsung semuanya, tujuannya sih biar warna jeansnya rata. Kalo udah masuk semuanya terus bolak-balik jeansnya. lebih lama jeansnya direndam lebih baik 
  5. Masukan garam, tujuannya sih biar warnanya lebih awet bisa juga pake air jeruk.
  6. Kalo dirasa udah cukup lama jeansnya direndam, angkat jeansnya dari kompor terus lu buang deh. terimakasih, lu bilas sampe air bilasannya jadi bening kembali. Oh iya jangan bilasnya pake air dingin dan jangan pake ditergen yaa.
  7. Cuci jeansnya di mesin cuci dengan air yang secukupnya dan jangan lupa tambahkan garam. langkah ini bisa di lewatin 
  8. Lalu jemur jeansnya, jangan dibawah sinar matahari langsung yaa, jemur di tempat yang teduh biar warnanya awet.
  9. Kalo udah kering, setrika jeansnya terus dibuang deh, dipake deh.
Gampang kan? Sebenernya sih gampang ga nyampe seharian kok buat ngewantek jeans, daripada bayar mahal-mahal buat jasa wantek jeans, apalagi kalo sampe beli jeans baru.. Cuma gara-gara warnanya yang udah pudar. Mending jeansnya di wantek sendiri, murah, meriah, mantap dan bisa keren lagi jeansnya kalo dipake. Oh iya sebenernya yang bisa diwantek itu bukan cuma jeans aja, kaos, kemeja dan katun juga bisa.

Gue ga punya tips khsus sih buat ngejaga warnanya biar tetep awet, yaa kan namanya juga jeans udah luntur pasti lama kelamaan warnanya juga akan kembali lagi terlebih lagi kalo jeansnya sering dipake dan dicuci, tips sederhana gue sih yaa gampang.
  1. Jangan terlalu sering lu pake jeansnya, usahain sampe lu udah ga punya jeans lagi dan jeans itu adalah jeans satu-satunya yang harus dipake.
  2. Jangan terlalu sering dicuci terlebih lagi cuci pake mesin cuci, biarin jeans lu ampe bau apek toh yang nyium baunya kan orang lain bukan lu, so yaa santai aja.
  3. Jika baunya dari radius 10km udah kecium dan mengharuskan lu untuk mencuci jeans lu, yaudah mungkin memang waktunya dicuci. Lu balik jeansnya maksudnya yang tadinya didepan lu balik bagian dalemnya jadi didepan dan jangan dicuci pake air panas apalagi air susu, mending diminum dah.
  4. Jemur jeansnya ditempat yang teduh jangan langsung terkena sinar matahari dan ingat jeansnya harus masih dalam keadaan terbalik.

Kayanya itu aja deh tentang wantek penwantekan hari ini, oh iya buat lu yang masih bingung caranya tenang aja kok gue juga buat Video Tutorialnya

Kenapa gue buat tutorialnya soalnya gue sedih ngeliat ternyata ga ada yang buat tutorial cara wantek jeans padahal kan lumayan penting buat orang pemakai jeans super aktif kaya gue dan orang yang irit irit gara-gara ga punya duit buat beli jeans baru hahaha..
Kalo ada yang mau ditanyai tanyain aja, InsyaAllah bakal gue jawab atau kalo mau ninggalin jejak juga boleh. Gue seneng kok, berarti artikel gue ini ada yang baca dan semoga bermanfaat. Terimakasih.
Jangan lupa dishare dan disubscribe yaa… Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Ukuran Header Blog, Facebook, Twitter, Dll

Buat Semprotan Cabai/Merica (Chili Pepper Spray)